Selasa, 15 Desember 2009

MENJAGA TAMIYA MINI 4WD TETAP STABIL DALAM SIRKUIT PERTANDINGAN

Ada hal yang sederhana kadang tidak terperhatikan ketika kita melihat ikan di air, burung saat terbang ternyata hewan-hewan tersebut kestabilannya sangat dipengaruhi oleh ekornya.
Fenomena pada kedua hewan tersebut menginspirasikan untuk mencoba membuat modifikasi pada sisi belakang agar mini4wd meluncur stabil pada kecepatan yang cukup tinggi, serta memodifikasi sedikit pada bagian depan agar pada saat tanjakan dan turunan kesetabilan tetap terjaga.
Untuk mendapatkan kestabilan yang tinggi dipelukan ketelitian yang luamayan melelahkan, dan tidak hanya sekali saja diuji, melainkan harus berkali-kali diuji.
Contoh pada foto pasangan bemper FRP bagian depan dipasang 2/dua rangkap ini dimaksudkan untuk mengokohkan / menguatkan pemasangan tiang roler agar berdiri dengan kokoh dan pemasangan mur dengan mudah mengikat tiang roler serta akan menambah beban mini 4wd lebih berbobot / tidak ringan. Pada bagian depan lainnya pasangkan mur untuk pengikat ball/bola sehingga ketika mini4wd menanjak / menurun bola/ball akan tergesek/menyentuh track dan terjadi pengereman yang menguntungkan. Pada seting bagian depan ini pastikan bahwa mur dan ring terpasang dengan baik, untuk mengikat mur pada tiang roler sebaiknya juga pasangkan ring kunci, ini bermanfaat saat mini 4wd meluncur mur tidak akan terbuka.

Untuk bagian belakang sebaiknya juga dipasangkan 2/dua lapis bemper (yah,,lumayan koceknya,,) ini bermanfaat, untuk memegang tiang roler juga untuk memegang spaser pemasangan sky berguna untuk pengereman bagian belakang. Dibagian bemper belakang ini benar-benar harus kuat karena bemper berperan untuk pengikat tiang roler, pengikat rem sky. Rem sky dapat juga dipergunakan bemper depan FRP atau menggunakan bemper lurus/ mirip stik ice cream.
Jarak antara rem sky pada bagian lantai / track lebih kurang 1 mm (jangan lebih dari 1 mm) dan yakinkan pemasangan mur pada bagian bawah harus digosok dengan amplas/kertas pasir, dan pada permukaan rem bagian belakang benar-benar sudah halus, sehingga pengereman bekerja dengan merata pada saat mini4wd melintasi tanjakan / gunungan.

5 komentar:

  1. tolong infonya tentang toko spare part tamiya dimedan donk.hub aku di 087869252969.thanks.ryan

    BalasHapus
  2. Stok salah satu ini: Diomars nero, spin cobra, spin viper, n proto saber evolution Ada gak?

    BalasHapus
  3. iya gan.... ane minta juga alamat sparepartnya... uda lama ga sentuh...

    BalasHapus
  4. Saya ucapin trimas dan boleh abang uraikan lagi lebih detail stabil dan tercepat aku di daerah sulteng palu trims

    BalasHapus
  5. Standarts tamiya tanpa ada banyak bamper

    BalasHapus